Main Article Content

Abstract

Latar Belakang:


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong dan menarik kunjungan wisatawan domestik ke Desa Wisata Sasak Ende di Lombok Tengah. Wisata pedesaan semakin populer sebagai destinasi alternatif bagi wisatawan domestik yang mencari pengalaman budaya dan alam yang autentik. Desa Wisata Sasak Ende adalah salah satu contoh desa wisata yang berusaha mempromosikan warisan budaya dan lingkungannya. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik yang pernah mengunjungi Desa Wisata Sasak Ende, dengan sumber data menggunakan data primer dan sekunder.


Metodologi:


Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 250 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Faktor dengan menggunakan program aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 26.


Temuan:


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor pendorong dan penarik yang mempengaruhi kunjungan wisatawan domestik ke Desa Wisata Sasak Ende. Faktor-faktor pendorong meliputi keinginan untuk berkunjung ke Desa Wisata Sasak Ende merasakan budaya Sasak yang autentik, menghabiskan waktu bersama teman, keindahan alam, serta keinginan untuk bersosialisasi dengan penduduk setempat. Di sisi lain, faktor-faktor penarik melibatkan indikator infrastruktur pariwisata, fasilitas akomodasi yang berkualitas, aksesibilitas yang baik, dan harga yang terjangkau.


Kesimpulan:


Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah, pengelola desa wisata, dan pemangku kepentingan lainnya, untuk meningkatkan pengembangan dan promosi Desa Wisata Sasak Ende sebagai destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan domestik. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi penelitian lebih lanjut tentang pengembangan desa wisata di Indonesia.


Keywords: Push Factor, Pull Factor, Sasak

Keywords

Push Factor Pull Factor Sasak

Article Details

References

  1. Aditama, F. A., Tazkirah, N., Febriani, E., & Husni, S. (2019). Kata Kunci: strategi, pengembangan, peraturan, pariwisata. 1(2), 136–141.
  2. Alfisyahr, R., & RD, LD (2019). Faktor Pendorong Dan Penarik Dari Wisatawan Domestik Di Kabupaten Malang, Indonesia. Media Bina Ilmiah, 14(3), 2217-2222.
  3. Anggrek, W. K., & Anggrek, P. T. A. (2023). Karakteristik dan Persepsi Wisatawan Terhadap Daya Tarik. 23(1), 67–79.
  4. Asmara, G., Abdullah, I., Haq, L. M. H., & Putro, W. D. (2018). Pemberdayaan Lembaga Adat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Pesisir Di Desa Mertak-Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Prosidng Pkm-Csr, 1, 1881–1889.
  5. Aulia Azman, H. (2019). Pengaruh Push Dan Pull Factor Terhadap Kunjungan Wisatawan Backpacker Ke Bukittinggi. Jurnal Benefita, 1(1), 182. doi: 10.22216/jbe.v1i1.3854
  6. Chafid Fandeli, Pengertian Desa Wisata, 2022. (2002). Pengertian Desa Wisata. 14–40. Crompton, J. L. (1979). Motivations for pleasure vacation. Annals of Tourism Research, 6(4), 408–424. doi: 10.1016/0160-7383(79)90004-5
  7. Dewi, NWAP, Mahendra, MS, & Wiranatha, AAPAS (2017). Faktor Pendorong dan Penarik Orang Bali Berwisata ke Luar Negeri. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA).
  8. Fitria. (2013). Sugiyono, 2017:60. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  9. Gumi, K. A., & Putu, L. W. (2021). Pengembangan Wisata Kampung Jalak Bali Di Desa Bongan Dengan Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Dinamika Pengabdian, 7(1), 95–104.
  10. Handayani, 2020. (2018). Metodologi penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2020, 10–27.
  11. Haryanto, E. (2019). Analisis Motivasi Pendorong Wisatawan Mancanegara Berkunjung Ke Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan, 13(1), 15–30.
  12. Hasanah, M., & Satrianto, A. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan ke objek wisata komersial di Sumatera Barat. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 1(3), 931–938.
  13. Hsu, T. K., Tsai, Y. F., & Wu, H. H. (2009). The preference analysis for tourist choice of destination: A case study of Taiwan. Tourism Management, 30(2), 288–297. doi: 10.1016/j.tourman.2008.07.011
  14. https://ameera.republika.co.id
  15. Irma Juni Sudaryanti,dkk (2015) tentang “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Wisatawan Dalam Melakukan Wisata Heritage Di Kawasan Braga Kota
  16. Jaimun, S. S., Suardana, I. W., & Suwena, I. K. (2020). Analisis Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawan Berkunjung Ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata) p-ISSN, 2338, 8633.
  17. Lubis, UP (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan dalam Ke Wisata Swimbath (Desa Bahapal, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun).
  18. Luthfiyyah, T. R. Z. (2020). Analisis Faktor Pendorong dan Penarik Wisatawan Untuk Berkunjung ke Kawasan Wisata Pantai Ujung Genteng.
  19. Man Abdillah, D. (2017). Analisis Faktor Pendorong dan Penarik Motivasi Berwisata ke Bali Utara. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 12(1), 81-110.
  20. Meigi. (2021). Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata dalam Meningkatkan Kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Toraja Utara. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Tesis, 1–45.
  21. Nyoman, N., Sedana, P., Made, N., Mahadewi, E., & Mertha, I. W. (2023). Push and Pull Factors Wisatawan Domestik Berkunjung ke Desa Wisata Undisan , Kabupaten Bangli. 1(1).
  22. Pratama, I. P. A. A. P., Suardana, I. W., & Dewi, L. G. L. K. (2021). Motivasi Wisatawan Millennial Berkunjung Ke Desa Wisata Jatiluwih Kabupaten Tabanan. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata) p-ISSN, 2338, 8633.
  23. Sabila, A., Sudiarta, I. N., & Sunarta, I. N. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pengunjung Berwisata ke Taman Safari Indonesia di Kabupaten Bogor Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 9(1), 147-178.
  24. Sudaryanti, IJ, & Rosita, R. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Wisatawan Dalam melakukan Wisata Heritage Di Kawasan Braga Kota Bandung. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 12(1).
  25. Utama, I. G. B. R., & Junaedi, I. W. R. (2017). Motivasi wisatawan mengunjungi desa wisata Blimbingsari, Jembrana, Bali. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 7(1), 165-186.
  26. UU No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.
  27. Tanjung, R. S. S., Munajat, M. D. E., & Novianti, E. (2022). Pengaruh Faktor Pendorong Dan Penarik Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Devoyage Bogor Jurnal Inovasi Penelitian, 3(7), 7059-7072.
  28. Trip.Advisor.com
  29. Wahyudi, A., Supriadi, F., & Yasmin, D. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Angkasa Pura II (Persero) Divisi Operasi Kantor Cabang Supadio Pontianak. Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, 6(1).