Main Article Content

Abstract

Latar Belakang:


Keberhasilan pariwisata sebagai industri unggulan di Indonesia, ditambah dengan keindahan alam, kekayaan adat dan budaya, serta dukungan moral masyarakat Indonesia yang selalu memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, memungkinkan untuk mengembangkan Indonesia menjadi negara tujuan wisata kelas dunia.


Metode:


Penulisan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan analisis reduksi data, kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran Digital Marketing yang dilakukan oleh Tiara Sentosa Tours & Travels untuk meningkatkan jumlah penjualan paket wisata Lombok Tour 03 Hari 02 Malam di Tiara Sentosa Tours & Travels


Findings:


Berdasarkan hasil pembahasan yang telah di jelaskan melalui analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan tentang strategi Digital Marketing yang digunakan oleh Tiara Sentosa Tours & Travels dalam memasarkan paket wisata Lombok Tour 03 Hari 02 Malam adalah website dan media sosial.


Conclusion:


Berdasarkan hasil penelitian yang telah diselesaikan dan pembahasan mengenai strategi pemasaran digital marketing untuk meningkatkan jumlah penjualan paket wisata lombok tour 03 Hari 02 Malam di Tiara Sentosa Tours & Travels dan dengan menyertakan teori bauran pemasaran 4P, maka peneliti telah mengetahui strategi digital marketing yang digunakan oleh Tiara Sentosa Tours & Travels. Tiara Sentosa Tours & Travels memiliki dua (2) strategi Digital Marketing yang digunakan. Strategi Digital Marketing yang dimaksut adalah website dan media sosial. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka peneliti menarik kesimpulan bahwa strategi digital marketing yang selama ini digunakan oleh perusahaan terbukti dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Keywords

quality of human resources event planning strategies sustainable tourism Lombok

Article Details

References

  1. Assauri, Sofja. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
  2. Boyd, Harper W. 2000. Manajemen Pemasaran suatu pendekatan strategis dengan orientasi global. Jakarta : Erlangga.
  3. David, Fred R. 2005. Manajemen Strategis, Konsep. Jakarta : Salemba Empat
  4. Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
  5. Ismail, Nawari. 2015. Metodologi Penelitian Untuk Studi Islam. Yogyakarta:Samudra Biru.
  6. Kasali, R. 2011. Cracking Zone. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
  7. Keller, Kotler. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
  8. Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  9. Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  10. Stephanie, K. Marrus. 2002. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Rajawali Press : Jakarta
  11. Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
  12. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  13. Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung :Alfabeta.
  14. Internet:
  15. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah NTB. Rencana Pembangunan Jangka Menengah, https://jdih.ntbprov.go.id/subyek/perubahan-rpjmd-tahun2019-2023/ , diakses pada 05 maret 2021, pukul 20.30 WITA.
  16. CPSOFT. Bisnis Pemasaran, https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-pemasaran-fungsi-dan-jenis-pemasaran-dalam-bisnis/, diakses pada 03 maret 2021 Pukul 11.30 WITA.
  17. Dinas Budaya dan Pariwisata NTB. Angka Kunjungan Wisatawan Pada Tahun 2018, http://www.disbudpar.ntbprov.go.id/angka-kunjungan wisatawanke-ntb/, diakses pada 05 Maret 2021, pukul 20.00 WITA.
  18. Sekawanmedia 2020. Pengertian Digital Marketing, https://www.sekawanmedia.co.id/belajar-digital-marketing, diakses pada 07 maret 2021 pukul 10.00 WITA.